• Udang Rebus dalam Keranjang
  • Nasi Goreng Spesial
  • Mie Kaki Ayam dengan Saus Lada Hitam
  • Mie Bebek Goreng Garing ala Shanghai
  • Lamian Goreng
  • Kepiting Goreng dengan Bawang Putih & Cabe Kering ala Hongkong
  • Kailan 2 Flavors
  • Xiao Long Bao
  • Tim Kepiting

    dengan Sawi Putih

  • Ikan Tim

    dengan saus kacang hitam

Nan Xiang Promo Video

View our video presentation on Nan Xiang and get an overview of our History, Culture and Why many people around the world choose to Dine with us than any where else in the world. Click here to view the video

FESTIVAL PEH CUN, PASTI SERU DAN ENAK!

nx mei

Sebentar lagi warga Tionghoa akan merayakan salah satu tradisi yang dikenal dengan nama Dragon Boat Festival atau Dumpling Festival.

 

Dalam Bahasa Mandarin, Festival ini lebih dikenal dengan nama Duan Wu Jie. Festival ini jatuh pada bulan kelima tanggal ke-5 dalam kalender Cina. Makanya, dalam kalender Internasional Dragon Boat Festival selalu jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Tahun 2017 ini, Dragon Boat Festival akan jatuh pada tanggal 30 May 2017.

 

Pada festival ini, ada aktivitas yang biasanya dilakukan oleh warga Tionghoa sebagai adat istiadat, yaitu:

 

  • Perlombaan Perahu Naga

Kegiatan utama dari festival ini setiap tahun yaitu perlombaan perahu naga atau Sai Long Zou. Perlombaan ini dilakukan untuk memperingati Qu Yuan –seorang menteri dan sastrawan kerajaan Chu yang bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri di sungai. Warga beramai-ramai ke sungai dan melakukan perlombaan mendayung perahu, dengan tujuan untuk mencari mayat Qu Yuan, serta mengusir ikan-ikan dan binatang laut lainnya agar tidak memakan mayat Qu Yuan.

 

Karena dilakukan setiap tahun, dan menjadi tradisi yang sangat terkenal. Akhirnya, pada tahun 1980 perlombaan perahu naga menjadi bidang olahraga resmi yang dipertandingkan di RRC dan piala yang direbutkan adalah piala Qu Yuan. Sampai saat ini tradisi ini menjadi salah satu festival yang menarik minat wisatawan asing dan masih tetap dipertahankan.

 

Di Indonesia sendiri, perlombaan perahu naga ini biasnaya diadakan di sungai Cisadane, dan dilakukan setelah melakukan sembahyang dan tradisi lainnya.

 

  • Zong Zi

Bicara soal tradisi warga Tionghoa, pasti tidak akan lepas dari makanan. Untuk festival ini, makanan khusus yang harus ada adalah Zong Zi. Di Indonesia, Zong Zi lebih popular dalam Bahasa Hokkian dan Teochew dengan nama Bak Cang.

 

Bak Cang terbuat dari beras ketan yang didalamnya diisi bermacam-macam daging babi, daing ayam atau bahkan selai kacang manis. Kemudian dibungkus dengan daun bamboo dibentuk meruncing segitiga seperti pyramid.

 

Mendekati perayaan yang terkenal dengan nama Peh Cun di Indonesia, Bak Cang mulai dijual di berbagai restoran dan toko kue di Kota Tua.

 

web banner bak cang

 

Turut serta dalam merayakan Dragon Boat Festival, Nan Xiang Restaurant memberikan gratis Bak Cang isi Ayam dan Bak Cang Manis selama bulan May. Bak Cang tersebut merupakan warisan resep tradisional dari Hong Kong Chef Nan Xiang, yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dan pastinya Halal!

 

Jangan lupa untuk mampir ke Nan Xiang Steamed Bun Restaurant di The Sultan Hotel Jakarta, Lobby Lagoon Tower, Jl. Jendral Gatot Subroto. Untuk informasi lebih lanjut mengenai promosi lainnya, silahkan kunjungi website www.nanxiang.co.id

Terms of Use

Copyright Nanxiang 2012. All rights reserved